Laman

Senin, 28 November 2011

Makalah Voli Penjaskes

I. PENDAHULUAN.

Bola voli adalah olahraga yang dimainkan oleh dua tim dalam satu lapangan yang dipisahkan oleh sebuah net (Peraturan Permainan Bola Voli : 1). Terdapat versi yang berbeda tentang jumlah pemain, jenis/ukuran lapangan, angka kemenangan dan peraturan yang digunakan. Tujuan dari permainan adalah melewatkan bola diatas net agar dapat jatuh menyentuh lantai lapangan lawan dan untuk mencegah usaha yang sama dari lawan.

Tehnik-tehnik dalam permainan bola voli, yaitu :
  1. Passing bawah.
  2. Passing atas.
  3. Servis, ter bagi :

  • Servis atas.
  • Servis bawah.
  • Jump servis
4. Smash.
5. Block.

Ukuran lapangan bola voli yang umum adalah 9 meter x 18 meter. Ukuran tinggi net putra 2,43 meter dan untuk net putri 2,24 meter. Garis batas serang untuk pemain belakang berjarak 3 meter dari garis tengah (sejajar dengan jaring). Garis tepi lapangan adalah 5 cm.

Yang dibahas dalam makalah ini bukanlah permainan bola volinya, tetapi tata nilai dari permainan voli dan manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari. Karena dalam permainan voli sendiri memiliki tata nilai yang sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi calon generasi penerus bangsa yang akan membawa kemana bangsa ini sehingga mampu mengangkat harkat dan martabat bangsa indonesia dimasa yang akan datang.

Dewasa ini prilaku manusia sudah banyak yang menyimpang dari norma-norma yang ada dimasyarakat, sehingga perlu diadakan pembenahan prilaku agar tercapainya kehidupan yang harmonis dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan makalah ini harapan saya semoga dapat memberikan motivasi kepada masyarakat supaya dapat berprilaku dan bersikap yang lebih baik sehingga pada masa yang akan datang dapat mambawa perubahan sikap, tutur kata dan prilaku generasi muda serta dapat mengembalikan image bangsa sebagai bangsa yang ramah tamah dan sopan santun.

II. PERMASALAHAN.

Sebagai bangsa yang terkenal dengan ramah tamah dan sopan, maka sangat tidak lazim jika masyarakat yang bernaung didalamnya tidak berkepribadian yang luhur. Mudah-mudahan dengan mengikuti cabang olahraga voli dapat merubah kepribadian, sikap dan tingkah laku yang lebih baik dan sesuai dengan norma yang berlaku, sehingga image bangsa dan negara kita yang terkenal dengan keramah tamahan dan kesopanan kembali terwujud.

Bola voli merupakan olahraga yang cukup digemari di Indonesia, karena dengan bermain voli dapat memberikan hiburan tersendiri bagi yang memaikan dan yang melihatnya. Permainan bola voli juga selalu diajarkan pada tingkat pendidikan dari sekolah dasar sampai sekolah atas sehingga penerapan tata nilai dalam permainan bola voli lebih mudah.

Dari uraian diatas maka akan timbul pertanyaan :
1. Apa saja tata nilai yang terkandung dalam permainan bola voli?
2. Seberapa besar dan Apa saja pengaruhnya dalam kehidupan sehari-hari?

III. PEMBAHASAN MASALAH.
III.1. Tata Nilai Dalam Permainan Bola Voli.

Dalam permainan bola voli sebenarnya tidak hanya terdapat interaksi fisik saja yang membuat jasmani orang yang memainkannya menjadi sehat dan bugar, tetapi terdapat juga komponen-komponen tentang nilai-nilai didalamnya, sehingga orang yang memainkan permainan bola voli tidak hanya memperoleh jasmani yang sehat, tetapi juga memiliki jiwa dan kepribadian yang baik dan sesuai norma dalam kehidupan. Dengan bermain voli juga dapat mengangkat harkat dan martabatan diri sendiri pada khususnya, tim, seponsor dan daerah yang kita bawa dalam pertandingan.

Komponen nilai-nilai yang dimaksud adalah :
1. Kerjasama.
Kerjasama merupakan koordinasi yang seirama antara pemain yang satu dengan pemain yang lain dalam satu tim. Kerjasama sangat dibutuhkan dalam permainan bola voli, selain karena peraturan yang tidak memperbolehkan seorang pemain menyentuh bola dua kali berturut-turut, dengan kerjasama permainan lebih memiliki seni, indah dilihat, mempertontonkan kekompakan tim, membuat pemain lebih semangat dan permainan juga tidak terasa terlalu capek.

2. Disiplin.
Disiplin merupan prilaku mentaati aturan yang telah ditentukan. Disiplin dalam permainan voli, misalnya datang tepat waktu, menjaga daerah lapangan pada umumnya dan posisi pada khususnya, mentaati peraturan yang berlaku dan tidak mengulur-ulur waktu. Disiplin dalam permainan bola sangat dibutuhkan, karena apabila pemain tidak datang tepat waktu saat pertandingan atau paling lambat 15 menit lewat dari jadwal yang ditentukan maka dinyatakan walk out (WO). Disiplin dalam menjaga daerah pertahanan agar dapat bermain dengan baik dan meminimalis kesalahan serta kesalahan, mentaati peraturan agar pemain tidak mendapat teguran maupun sanksi.

3. Tanggung jawab.
Tanggung jawab merupakan sikap berani menanggung resiko apa yang telah dilakukan baik positif maupun negatif. Tanggung jawab dalam permainan bola voli, misalnya menerima keputusan wasit yang memberi sanksi WO (wolk out) karena terlambat datang lebih dari 15 menit dalam pertandingan, menerima tidak dimainkan dalam pertandingan oleh pelatih karena jarang datang latihan dan bermain kurang bagus serta tidak konsisten. Tanggung jawab dibutuhkan, supaya pemain tepat waktu dan memberikan yang kontribusi yang terbaik serta tidak mengulangi kesalahan yang merugikan diri sendiri maupun tim.


4. Gigih.
Gigih merupakan sikap tidak mudah menyerah dalam mendapatkan atau menguasai sesuatu. Gigih dalam permainan bola voli berupa latihan passing, block, smash dan servis serta berusaha bermain baik, sportif, disiplin dan konsisten dalam pertandingan supaya mendapatkan gelar juara. Gigih dalam permainan bola voli berguna untuk memotifasi pemain supaya menjadi yang lebih baik dan belajar dari kesalahan dan kekalahan, sehingga membuat kita selau semangat dalam melakukan dan mengejar sesuatu.

5. Taat aturan.
Taat aturan merupakan sikap menjaga, mentaati dan melakukan aturan-aturan yang berlaku. Taat aturan dalam permainan voli, misalnya disiplin, tidak melakukan tindakan anarkis, tidak melakukan protes yang berlebiha. Maanfaat taat aturan membuat kita tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan diri kita sendiri maupun orang lain.

6. Sportif.
Dalam sportif terdapat beberapa komponen, yaitu :
a. Jujur.
Yaitu sikap berani mengatakan apa adanya. Misalnya saat kita melakukan smash dan menyentuh net, maka tidak melakukan protes kepada wasit karena memang kita menyentuh net.

b. Rendah hati.
Merupakan sikap tidak sombong terhadap hasil yang dicapai. Misalnya tim memenangkan pertandingan pertandingan, maka tidak mengejek tim yang kalah, menyalami dan tetap memberi motifasi kepada lawan semoga lain kali bisa menjadi yang lebih baik.

c. Tenggang rasa.
Merupakan sikap simpatik kepada orang lain. Misalnya menyalami rekan yang terjatuh saat menerima smash dari lawan.

d. Pemaaf.
Merupakan sikap tidak dendam terhadap orang lain. Misalnya terjadi body kontak saat melakukan smash maupun block, maka saling berjabat tangan dan saling memaafkan.

e. Lapang dada.
Lapang dada merupakan sikap berbesar hati saat dalam keadaan yang tidak menyenangkan bagi kita. Lapang dada dalam permainan bola voli, misalnya kalah dalam pertandingan, berfikirlah positif mungkin lawan lebih baik dari pada kita, tidak dimainkan oleh pelatih atau sebagai cadangan, berarti rekan satu tim kita lebih bagus mainnya.

7. Seni.
Seni merupakan gerakan permainan yang indah dilihat atau ditonton. Seni dalam permainan bola voli merupakan motifasi dan semangat yang timbul secara otomatis saat kita melakukan permainan dengan gerakan-gerakan kerjasama yang bagus. Seni dapat membuat orang yang melihat pertandingan jadi tertarik untuk belajar dan bagi pemain dapat menjadikan sebuah hiburan selain kebugaran dan kesehatan fisik.

8. Sopan.
Sopan merupakan sikap menghargai dan melakukan tindakan atau sikap yang tidak menyimpang dari aturan atau norma yang berlaku. Sopan sangat erat kaitannya dengan tata krama atau unggah-ungguh. Sopan dalam permainan bola voli, misalnya menghargai dan berkata serta tidak berprilaku sewenang-wenang kepada rekan, lawan, pelatih, wasit maupun panitia pertandingan. Sikap sopan dalam permainan bola voli dapat membuat orang lain menyayangi, menghargai dan menghormati kita, sehingga kita berkesan baik dimata orang lain.

III.2. Pengaruhnya Dalam Kehidupan Sehari-hari.

Komponen-komponen tata nilai yang telah disebutkan diatas sangat besar pengaruhnya bagi kehidupan sehari-hari, dari mulai tingkah laku, sikap, tutur kata dan kepribadian kita. Karena dalam permainan bola voli kita sudah terbiasa melakukan hal-hal seperti diatas maka secara otomatis akan kita bawa dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dalam aktifitas sehari-hari kita tidak merasa asing lagi dalam melakukan hal-hal seperti diatas.

Pengaruh komponen tata nilai permainan bola voli dalam kehidupan sehari-hari :
1. Membiasaakan kita bertutur kata, bersikap dan berprilaku sopan.
2. Membiasakan kita hidup disiplin waktu maupun aturan.
3. Membuat hidup kita selalu ceria dan tubuh tetap sehat dan bugar.
4. Membuat kita mempunyai banyak teman.
5. Membuat kita disenangi banyak orang.
6. Membuat hidup kita taat aturan.
7. Membuat kita terbiasa bekerjasama dengan orang lain.
8. Membuat kita selalu semangat dalam melakukan sesuatu hal.

IV. KESIMPULAN.

Olahraga merupakan sarana untuk menyehatkan badan, membuat badan selalu segar dan bugar, olahraga juga dapat membuat pertumbuhan fisik manusia menjadi optimal serta dapat juga membentuk karakter, sikap, tutur kata dan prilaku manusia menjadi lebih baik. Dalam olahraga voli memang yang terutama yang berinteraksi adalah fisik, tetapi komponen tata nilai yang terkandung didalamnya merupakan pendidikan tambah yang dapat membentuk kepribadian manusia.

Jadi selain manfaat interaksi fisik yang yang dapat mengoptimalkan pertumbuhan fisik manusia, dalam permainan voli juga memiliki komponen tata nilai yang dapat membentuk karakter manusia menjadi lebih baik, lebih bermartabat dan lebih sopan. Harapan saya semoga yang dipelajari dalampermainan bola voli bukan hanya interaksi fisiknya saja, tetapi juga pembentukan sikap dan karakter yang dapat meningkatkan harkat dan martabat diri sendiri pada khususnya serta bangsa dan negara pada umumnya.


V. SARAN.

Berdasarkan permasalahan, pembahasan dan kesimpulan, maka dapat ditemukan saran-saran yang diharapkan dapat menjadi solusi dan motifasi.
Saran-saran tersebut seperti :
1. Mengingat olahraga voli juga dapat memoptimalkan pertumbuhan fisik manusia, maka diharapkan bagi generasi penerus sebaiknya mempelajari permainan voli supaya pertumbuhan fisik dapat optimal.
2. Dalam dunia pendidikan dari tingkat sekolah dasar sampai pada sekolah menengah atas terdapat pembelajaran mengenai olahraga permainan voli, diharapkan dari mulai pengenalan permainan voli ini diterapkan juga komponen tata nilai yang terdapat didalamnya supaya sejak usia dini generasi penerus bangsa memiliki karakter, sifat dan sikap yang baik seperti yang terdapat dalam tata nilai permainan voli.
3. Permainan bola voli juga dapat menambah wawasan dan meningkatkan IQ manusia, sehingga dengan fisik yang memadai dan IQ yang ok maka dapat meningkatkan martabat.



DAFTAR PUSTAKA

Mukholid, Agus. 2009. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMA Kelas X. Jakarta Timur : Yudhistira.
Peraturan Permainan Bola Voli. PBVSI. Jakarta.
Roji. 2008. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMP Kelas IX. Jakarta : Erlangga.
Tamat, Trisnowati dan Mirman, Moekarto. 2007. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta : Universitas Terbuka.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar