Halaman

Sabtu, 27 April 2013

Pengertian Pendidikan Jasmani

Apa itu Pendidikan Jasmani???
Untuk menjawab pertanyaan diatas, berikut ini dicantumkan beberapa pengertian mengenai Pendidikan Jasmani menurut beberapa para ahli.
silahkan dilihat :


  1. Pendidikan jasmani adalah suatu proses pendidikan seseorang sebagai perorangan atau anggota masyarakat yang dilakukan secara sadar dan sistematik melalui berbagai kegiatan jasmani untuk memperoleh pertumbuhan jasmani, kesehatan dan kesegaran jasmani, kemampuan dan keterampilan, kecerdasan dan perkembangan watak serta kepribadian yang harmonis dalam rangka pembentukan manusia Indonesia berkualitas berdasarkan Pancasila (Abdul Gafur, 1983:8-9).
  2. Pendidikan jasmani didefinisikan sebagai fase dari seluruh proses pendidikan yang berhubungan dengan aktifitas dan respons otot yang giat dan berkaitan dengan perubahan yang dihasilkan individu dari respons tersebut (Nixon and Cozens, 1963: 51).
  3. Pendidikan jasmani adalah fase dari program pendidikan keseluruhan yang memberikan kontribusi, terutama melalui pengalaman gerak, untuk pertumbuhan dan perkembangan secara utuh untuk tiap anak. Pendidikan jasmani didefinisikan sebagai pendidikan melalui gerak dan harus dilaksanakan dengan cara-cara yang tepat agar memiliki makna bagi anak. Pendidikan jasmani merupakan program pembelajaran yang memberikan perhatian yang proporsional dan memadai pada dominan-dominan pembelajaran, yaitu psikomotor, kognitif, dan afektif (Duer dan Pangrazi, 1989: 1).
  4. Pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari suatu proses pendidikan secara keseluruhan, adalah proses pendidikan melalui kegiatan fisik yang dipilih untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan organik, neuromuskuler, interperatif, sosial, dan emosional (Bucer, 1979).
  5. Pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan melalui berbagai kegiatan jasmani yang bertujuan mengembangkan secara organik, neuromuskuler, intelektual dan emosional (Ateng, 1993).
  6. Pendidikan jasmani adalah suatu proses pendidikan seseorang sebagai perorangan maupun anggota masyarakat yang dilakukan secara sadar dan sistematik melalui kegiatan jasmani dalam rangka memperoleh peningkatan kemampuan keterampilan jasmani , pertumbuhan, , kecerdasan dan pembentukan karakter (MENPORA, 1984).
  7. Pendidikan jasmani adalah bentuk pendidikan yang memberikan perhatian pada pengajaran pengetahuan, sikap, dan keterampilan gerak manusia (Seaton, 1974).
  8. Pendidikan Jasmani adalah pendidikan yang mengaktualisasi potensi aktifited (aktifitas) manusia yang berupa sikap tidak dari karya untuk diberi bentuk, isi dan arah menuju kebulatan kepribadian sesuai dengan cita-cita kemanusiaan (Engkos Kosasih, 1983:4)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar